Agar Kita Bisa Berkata Lantang Menyuarakan Kebenaran


Oleh: Ust. Komiruddin Imron
(Ketua Dewan Syariah PKS Lampung)

1.  Berkata lantang menyuarakan kebenaran adalah bagian dari jihad

2. Sebagaimana bersuara lantang terhadap kemaksiatan dan kezaliman

3. Dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

,أَفْضَلُ الْجِهَادِ كَلِمَةُ عَدْلٍ عِنْدَ سُلْطَانٍ جَائِرٍ

“Jihad yang paling utama ialah mengatakan kebenaran (berkata yang baik) di hadapan penguasa yang zalim.” (HR. Abu Daud no. 4344, Tirmidzi no. 2174, Ibnu Majah no. 4011. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

4. Tapi untuk melakukan itu tidak mudah. Ada resiko yang harus ditanggung.

5. Maka banyak orang yang mengetahui suatu kebenaran atau suatu kezaliman tidak sanggup berkata lantang.

6. Karena tersandera masa lalu yang kurang nyaman sehingga menjadi barrier bagi seseorang untuk berkata tegas.

7. Itulah sebabnya mengapa Allah ketika memerintahkan Rasulullah untuk berkata lantang:

قُمْ فَأَنْذِرْ

"Bangunlah, lalu berilah peringatan!"

8. Perintah setelah itu adalah...

وَرَبَّكَ فَكَبِّرْ

"Dan Tuhanmu agungkanlah!"

9. Agar para penyampai risalah ketika bangun tegap berdiri memberikan peringatan menganggap semua kecil selain Allah.

10. Harta dunia kecil, jabatan kecil, posisi kecil. Dengan demikian ia bisa terbebas dari tujuan dakwah selain mengharap ridha Allah.

11.  Ini yang pertama.

12. Yang kedua, bersih lahir dan batin.

وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ

"Dan pakaianmu bersihkanlah"

13.  Masalalu yang kotor akan menjadi hambatan untuk mengatakan kebenaran

14. Pejabat yang korupsi, akan sangat sulit meneriakan dan membongkar kasus korupsi.

15. Anggota dewan yang tidak bersih, akan diam di tengah kubangan kekotoran.

16.  Itulah sebabnya kenapa kasus "sumberwaras, reklamasi teluk Jakarta dll" diam, tak pernah tuntas dan  tidak ada lagi yang meneriakan.

17. Sebab setiap ada yang berteriak langsung disemprit, ".. hey ingat ente juga menikmati..."

18.  Ketiga, tinggalkan dosa

وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ

"Dan perbuatan dosa tinggalkanlah."

19. Para politisi yang biasa bergelimang dosa tidak akan pernah meneriakan kebenaran dan memperjuangkannya.

20. Ingat, kelapangan lebih memudahkan untuk berbuat maksiat. Uang ada. Kartu kredit ada, kesempatan ada.

21. Dan diantara jebakan yang disiapkan adalah dininabobokan dengan fasilitas dan kesenangan.

22.  Para politisi yang tidak siap dengan godaan ini akan tenggelam idealismenya, pada akhirnya diam dan mencari aman.

23.  Karenanya, menjauhi mawathin (tempat-tempat) syubhat menjadi penting, apalagi yang jelas jelas haram.

24.  Keempat, tidak pamrih

وَلَا تَمْنُنْ تَسْتَكْثِرُ

"Dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak."

25. Kita memberi, melayani dan berkhidmah jangan selalu dikaitkan kepada manfaat duniawi.

26.  Deal-deal politik tidak selalu harus dengan manfaat duniawi.

27. Sebab jika segala sesuatu diukur dengan manfaat dunia orang akan melihat size kita.

28. Lalu dengan mudah menaklukkannya dan menjadikannya dibawah ketiak.

29. Itulah sebabnya, para Rasul ketika berdakwah selalu yang diusung semangat

ان اجري الا على  الله

"Ganjaranku hanya dari Allah"

30. Itu juga yang menyebabkan Sulaiman menolak hadiah Ratu Bilqis saat beliau mengajaknya masuk islam.

31. Kadang deal-deal dan transaksi politik yang hanya fokus pada masalah dunia biasanya menyebabkan sikap diam terhadap kejahatan.

32. Disinalah kadang terjadi transaksi kasus. Kamu punya kasus, saya punya kasus. Kita sama sama punya kasus.

33. Yang terakhir, sabar karena Allah.

وَلِرَبِّكَ فَاصْبِرْ

"Dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu, bersabarlah."

34.  Hidup ini semuanya adalah ujian, baik derita atau senang, kemiskinan atau kekayaan, sempit ataupun lapang.

35. Dulu para Sohabat Nabi sudah teruji dalam kesempitan. Mereka bisa bertahan, dan itu diakui Rasulullah saw.

36. Tapi Rasulullah saw sangat khawatir jika mereka diuji dengan kelapangan.

37. Kekhawatiran Rasul saw ini terbukti ketika pembagian ghanimah perang Badar.

38. Mereka bertengkar sampai sampai hilang akhlaq islam diantara mereka.

39. Sayyid Quthb mengomentari dalam tafsirnya: "Mungkin orang heran melihat para Sahabat ahli Badar ribut masalah ghanimah.

40. ..Sedangkan mereka adalah kaum muhajirin yang telah meninggalkan seluruh apa yang mereka miliki. Hijrah karena akidah dan tak pernah memikirkan harta dunia (yang mereka tinggalkan),

41. ..Sedangkan kaum anshar telah berbagi dengan mereka dalam harta dan tak pernah bakhil sedikitpun dengan harta dunia."

42. Tapi toh mereka juga ribut ketika ada ghanimah. Padahal mereka adalah manusia pilihan. Manusiawi.

43. Ubadah bin Shamit menjelaskan kondisi mereka dengan kata-kata:

و ساءت فيه اخلاقنا....

"Akhlak kami (saat itu) menjadi buruk..."

44. Sabar terhadap godaan dunia apalagi sudah di depan mata dengan mengharap ridha Allah akan menjadikan kita berani, tak takut celaan orang yang mencela.

45.  Wallaahu  A'lam.




Subscribe to receive free email updates: