Putin Stress Gegara Erdogan, Kenapa JIL yang Kalap?


"Yang gw bingung, Putin stress gegara Erdogan kenapa JIL yang kalap? Kenapa sik kenapa? :D" cuit @hasmi_bakhtiar, mahasiswa S2 Hubungan Internasional Lille Perancis, Sabtu (28/11).

Rontoknya pesawat tempur Su-24 Rusia oleh angkatan udara Turki menjadikan berita ini menghiasi media massa dan bahan obrolan netizen di sosial media.

Rusia komunis yang awal Oktober mengirimkan pesawat-pesawat tempurnya ke Suriah telah membunuh warga sipil dan banyak anak-anak. Namun kenapa ada orang Indonesia yang malah membela Rusia?

Dan rontoknya jet tempur Rusia dimana Presiden Putin stres menghadapi Erdogan yang diluar dugaan ternyata berani, malah membuat aktivis-aktivis JIL membela Rusia.

Di sosial media akun-akun JILers ramai-rami turut menyebarkan berita-berita hoax tuduhan putra Erdogan bertemu pimpinan ISIS. Mereka juga sibuk nyari berita-berita lama dari pihak oposisi Turki yang menuduh Erdogan dan putranya.

Jadi, seperti pernyataan Hasmi Bakhtiar di atas, Putin yang stres kenapa JIL yang kalap?

Alumni Al-Azhar Cairo ini menambahkan, "Sebagai anak rantau dan sama sama kuliah di Barat sebenernya gw banyak berharap kepada aktivis JIL untuk 'menyegarkan' masyarakat Indonesia, bukan malah penyesatan."




Subscribe to receive free email updates: