Bagaimana Cara Membangun Domain Authority Pada Blog?

Apa yang dimaksud dengan Domain Authority? Mungkin penjelasan untuk hal ini sudah banyak di bahas di blog-blog tetangga yang menyediakan tutorial-tutorial cara memaksimalkan SEO. Dan mungkin bagi kamu yang memang sangat paham dengan yang namanya SEO pasti sudah mengetahui tentang Domain Authority ini.

Nah, untuk kamu yang memang masih tergolong "baru" dalam dunia blogging seperti saya ini, pasti bertanya-tanya kan tentang arti dari Domain Authority dan apa manfaatnya untuk blog kita? Pada kesempatan kali ini saya akan memberi tahu tentang manfaat dan cara meningkatkan Domain Authority sekaligus pengertiannya.

Bagaimana Cara Membangun Domain Authority Pada Blog?

Domain Authority adalah merupakan tolak ukur yang mempengaruhi peringkat atau posisi blog kamu di mesin telusur seperti Google, Yahoo, Bing, dan lainnya. Atau lebih spesifiknya adalah merupakan tingkat kepercayaan Search Engine terhadap website atau blog kamu atau cara pandang mesin telusur terhadap domain blog kamu untuk menentukan posisi blog kamu di Search Engine.

Menurut SEOMoz, semakin tinggi nilai Domain Authority atau disingkat DA maka semakin bagus posisi SERP mereka di Mesin Pencari. Untuk skala penilaian yang dipakai yaitu dari yang paling terendah 0 dan yang tertinggi adalah 100. Saat ini MAKINTAU.com hanya memiliki nilai DA 11. Hal ini wajar karena domain ini memang tergolong baru dan masih jarang update.

Bagaimana Cara Cek Domain Authority?

Untuk melihat nilai Domain Authority blog kamu, kamu bisa menggunakan tools-tools dari website-website berikut ini:

http://www.opensiteexplorer.org/
http://smallseotools.com/domain-authority-checker/
http://moonsy.com/domain_authority/

Untuk cara menggunakannya, kamu hanya perlu memasukkan alamat blog kamu pada kotak yang tersedia dan lalu klik check.

Bagaimana Cara Meningkatkan DA?

Cara meningkatkan Domain Authority memang agak gampang-gampang susah. Karena, naiknya nilai DA itu sering kali tidak terasa. Tapi menurut berbagai macam sumber dan pengalaman yang pernah saya alami, untuk meningkatkan Domain Autorithy hal-hal yang harus kita lakukan antara lain:

  1. Membuat konten/artikel original secara teratur.
  2. Tidak melakukan copas.
  3. Share artikel blog ke media sosial dan social bookmarking network.

Karena bukan merupakan hal yang mudah dalam menciptakan Domain Authority, maka kamu harus berjuang ektra keras dan sabar. Dan lagi, Domain Authority dilihat dari frekuensi posting artikel, yang mana artikel yang unik dan tidak ada duplicate content.

Dan lagi Blog yang tidak pernah update artikel = No Authority
Blog yang update 2 minggu sekali = Low Authority
Blog yang update 1 minggu sekali = Medium Authority
Blog yang update setiap hari = High Authority
Blog yang update setiap 2 jam sekali = Super Authority

Subscribe to receive free email updates: