Info Pendaftaran Lowongan CPNS 2014

Pemerintah akan kembali membuka lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) secara Nasional. Untuk pendaftaran, bisa dilakukan secara resmi pada situs Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) yang beralamat di http://panselnas.menpan.go.id. Nah, untuk itu para calon PNS harus bersiap-siap untuk bersaing dengan para calon PNS lainnya.

Pasalnya, pada tahun ini pemerintah akan membuka 9000 lowongan untuk bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil. Sebelumnya, lowongan PNS ini sempat beberapa kali di undur. Namun, kali ini pemerintah telah memastikan bahwa pelaksanaannya sudah bisa di lakukan pada akhir bulan Agustus tahun ini. Hal ini seperti dikatakan Kepala Biro Hukum, Informasi dan Komunikasi Publik Herman Suryatman, bahwa hingga saat ini masih saja ada Kementerian dan Lembaga baik pusat maupun daerah yang belum menyampaikan rincian formasi. Namun demikian dirinya memastikan bahwa proses penerimaan tetap akan berjalan sesuai rencana.

Info Pendaftaran Lowongan CPNS 2014

Namun sudah ada beberapa lembaga atau instansi yang sudah bersiap-siap membuka lowongan untuk perekrutan pegawai. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) salah satunya, merencanakan akan menyediakan lowongan 9.000 CPNS. Nantinya para CPNS yang masuk akan disebar sesuai dengan kebutuhan eselon di Kemenkeu.

Selain itu, pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 ini akan semakin mudah, berkat kemajuan teknologi. Kalau dahulu harus mempersiapkan persyaratan administrasi dengan berbagai berkas, untuk pendaftaran secara online CPNS 2014 ini dibuat semakin mudah dengan hanya memerlukan NIK (nomor Induk Kependudukan).

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait dengan proses pendaftaran seleksi CPNS yang terintegrasi.

Sementara itu, Direktur Pengolahan Data Kementerian PAN-RB Iwan Hermanto Soetjipto menuturkan urutan yang harus dilakukan pelamar jika melamar secara online. Pertama, pelamar cukup meng-entry Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama, dan email. Lalu memilih instansi yang dilamar.

Setelah memasukkan syarat yang diperlukan, lanjut Iwan, pelamar akan mendapatkan username dan password untuk membuka portal pendaftaran online SSCN BKN atau portal dari masing-masing instansi.

Berdasarkan data Kementerian PAN-RB, tahun lalu banyak formasi kosong yang ditinggalkan karena pendaftaran tidak secara online dan terintegrasi. Kekosongan ini terjadi karena para pelamar banyak yang lulus lebih dari satu instansi.

Pada seleksi CPNS 2014 ini, pemerintah berencana akan merekrut 40.000 PNS dan 25.000 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini. Adapun penerimaan CPNS diperkirakan akan dilakukan pada akhir Agustus mendatang.

Subscribe to receive free email updates: