PKS: Asalkan Bukan Ahok


[portalpiyungan.com] JAKARTA - PKS DKI Jakarta, sebagai pemilik 11 kursi di DPRD DKI atau pemenang ketiga setelah PDIP dan Gerindra sangat siap berkoalisi dengan partai besutan Megawati Soekarno putri tersebut.

Bahkan, kata Ketua Dewan Syariah Wilayah (DSW) DPW PKS DKI, Abdurahman Suhaimi mengungkapkan, pihaknya akan mengikuti keputusan partai berlambang banteng gemuk di Jakarta. Syaratnya, hanya satu tidak mendukung Ahok.

“Kami berharap PDI Perjuangan cepat ambil keputusan,” kata Suhaemi di Duren Sawit, Jakarta Timur, kemarin.

Partai dakwah itu, siap membawa cagub PDI Perjuangan memperkenalkan kepada kader PKS se-Jakarta. Wakil Ketua Komisi D DPRD DKI itu mengaku, sudah melakukan komunikasi dengan PDIP di Jakarta. Mereka hanya memastikan akan mengusung cagub melalui jalur partai, tetapi belum menentukan kapan waktunya.

Ada tiga cagub internal partai pimpinan Megawati Soekarnoputri. Ketua DPD PDIP Jakarta non-aktif Boy Bernadi Sadikin, Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidajat, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

“Siapa pun yang diusung PDIP (asal bukan Ahok) kami akan tenteng ke seluruh kader PKS di Jakarta,” kata Suhaimi.

Jika PDIP tidak mengusung calon petahana (Ahok), menurut Ketua Fraksi PKS DPRD DKI itu, akan terbentuk poros koalisi besar menghadapi petahana. Karena itu, PKS berharap PDIP segera memutuskan calon yang diusung, tidak memutuskan di akhir pendaftaran cagub.

“Biar kerjanya enak dan (kalau) di akhir juga cukup menyulitkan partai lain,” jelasnya.

Tetapi, dia memastikan, PKS dengan Partai Gerindra sudah bisa dipastikan berkoalisi mengusung cagub dan cawagub. Namun, masih menggodok beberapa nama yang pantas dan layak diusung. Sampai saat ini, ada beberapa nama antara lain, mantan Pangdam Jaya Sjafrie Sjamsuddin dan pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra.

“Kalau ditambah PDIP lebih mantap. Kami akan berikan kewenangan pada PDIP untuk tentukan cagub,” jelasnya.

Terpisah, Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDIP DKI, Gembong Warsono mengaku, selama ini memang komunikasi politik dengan PKS dan beberapa partai yang sudah ketemu berjalan baik.

“Pasca lebaran kami akan silaturahmi kembali menjaga soliditas antar partai,” beber dia.

Siapa yang akan diusung PDIP?

“Tunggu saja setelah lebaran,” tambah Sekretaris Fraksi PDIP DPRD DKI itu.




Subscribe to receive free email updates: