PM Turki: Blokade Gaza Sebagian Besar Dibuka Pasca Normalisasi dengan Israel

(Perdana Menteri Turki Binali Yildirim)

[portalpiyungan.com] ANKARA - Turki dan Israel mencapai kesepakatan rekonsiliasi pada hari Senin, 27 Juni mengakhiri sengketa enam tahun antara kedua negara. Israel menerima persyaratan yang diajukan Turki untuk pelonggaran blokade Gaza bersama-sama dengan menerima permintaan maaf dari Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan kompensasi bagi keluarga korban Mavi Marmara.

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim Senin mengumumkan rincian dari kesepakatan rekonsiliasi, mengatakan perjanjian tersebut telah mengangkat blokade di Gaza untuk sebagian besar. Yildirim menegaskan bahwa Israel telah setuju untuk membayar $ 20 juta sebagai ganti rugi kepada keluarga korban Mavi Marmara. Berdasarkan kesepakatan itu, Turki akan memberikan bantuan kemanusiaan dan produk non-militer lainnya ke Gaza dan pengiriman pertama 10.000 ton bantuan akan dikirim pada hari Jumat ini, ia mengatakan kepada wartawan saat konferensi pers di Ankara.

Turki juga akan diizinkan di masa depan untuk mengirim bantuan ke Gaza dan berinvestasi dalam proyek-proyek infrastruktur di bawah kesepakatan itu, kata Yildirim.

Kesepakatan itu akan membuat kedua negara bertukar duta besar "sesegera mungkin," kata Yildirim.

Dia mengatakan bahwa kesepakatan, yang arti luas diumumkan oleh pejabat senior dari kedua negara pada Minggu malam, akan ditandatangani hari ini, Selasa (28/6).

Seorang pejabat senior Turki sebelumnya mengatakan kepada Harian Sabah bahwa Turki mencapai kesepakatan dengan Israel untuk menormalkan hubungan bilateral pada hari Minggu di Roma.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Turki akan menyelesaikan pembangunan rumah sakit 200 tempat tidur di Gaza bersama dengan bangunan perumahan baru.

Pejabat senior Turki mengatakan bahwa langkah-langkah konkrit akan diambil untuk mengatasi krisis energi dan air di Gaza. Jumlah listrik dan air minum akan meningkat dan pembangkit listrik baru akan dibangun.

Perjanjian ini akan memungkinkan bagi Turki untuk meluncurkan proyek-proyek besar di Tepi Barat, termasuk zona industri Jenin.

"Perjanjian tersebut merupakan kemenangan diplomatik bagi Turki, setelah serangan Mavi Marmara," kata pejabat senior Turki.

Netanyahu mengatakan pada hari Senin bahwa kesepakatan rekonsiliasi dengan Turki akan membawa stabilitas ke wilayah tersebut dan kedua pihak sedang membahas bertukar duta besar setelah keretakan diplomatik enam tahun.

Mengomentari rekonsiliasi antara kedua negara, Fahrettin Altun, koordinator the Foundation for Political, Economic and Social Research (SETA) Istanbul, mengatakan pada surat kabar Haber bahwa itu adalah keberhasilan diplomatik bagi Turki.

"Ini adalah proses normalisasi, yang berarti bahwa hubungan di mana mereka mulai untuk pertama kalinya dan [kita] meningkatkan kerjasama pada isu-isu dasar," kata Altun.

Menekankan ketidakstabilan serius di Timur Tengah, Altun mengatakan situasi saat ini mendorong negara-negara regional untuk mencari cara lain untuk stabilitas. "Normalisasi ini akan memiliki dampak signifikan pada politik dalam negeri Israel. Ini juga akan menjadi motivasi positif bagi hubungan ekonomi Turki-Israel," tambahnya.

"Media Israel dan orang-orang melihat ini sebagai sebuah kegagalan bagi Israel," Ufuk Ulutaş, direktur studi kebijakan luar negeri di SETA, mengatakan pada surat kabar Haber.

Ulutaş mengatakan bahwa hal yang paling mencolok baginya adalah kerjasama ekonomi. "Itu adalah motivasi terbesar bagi kedua negara," tambahnya.

"Rekonsiliasi ini akan memiliki dampak yang sangat positif pada hubungan Turki-Rusia dalam waktu dekat. Hal ini juga bisa berpengaruh positif terhadap hubungan Turki-Mesir," Ulutaş berpendapat.

Para pemimpin dunia menyambut kesepakatan

Setelah pengumuman kesepakatan antara Turki dan Israel, Sekretaris Negara AS John Kerry menyambut perjanjian dan menyebutnya sebagai "langkah positif."

Menjelaskan bahwa AS telah bekerja pada pemulihan hubungan selama beberapa tahun, Kerry mengatakan perjanjian tersebut akan membuka jalan bagi langkah-langkah yang lebih positif.

Sekjen PBB Ban Ki-moon, Senin menyambut kesepakatan itu, menyebutnya sebagai "sinyal harapan untuk stabilitas kawasan."

"Saya menyambut pengumuman hari ini normalisasi hubungan antara Israel dan Turki," kata Ban pada wartawan saat ia bertemu dengan Presiden Israel Reuven Rivlin.

Hubungan Turki dan Israel retak pasca penyerbuan pasukan Israel pada kapal Mavi Marmara yang membawa misi kemanusiaan untuk menembus blokade Gaza tahun 2010. Sembilan aktivis kemanusiaan, 8 dari Turki tewas saat itu. Turki kemudian mengusir dubes Israel dari Ankara dan memperkarakan Israel di pengadilan internasional. Turki akhirnya bersedia melakukan normalisasi hubungan dengan Israel setelah persyaratan-persyaratan yang diminta Turki disetujui pihak Israel.

Sumber: Daily Sabah




Subscribe to receive free email updates: