Turki-Erdogan Jadi Target Utama Teror ISIS


Oleh: ILNUR CEVIK
(Kolumnis Daily Sabah Turki)

Serangan teroris di Bandara Internasional Atatürk di Istanbul, yang menewaskan 41 orang dan melukai lebih dari 190, adalah pesan yang jelas oleh organisasi DAESH (ISIS) radikal yang mereka anggap Turki dan Presiden Recep Tayyip Erdogan sebagai musuh besar mereka dan tidak akan ragu-ragu untuk pergi ke setiap ekstrim untuk melawan mereka.

Mengapa demikian?

Hal ini hanya karena Erdogan dan Turki menerapkan nilai-nilai Islam yang benar, yang damai, kasih sayang, belas kasihan dan nilai-nilai manusia yang unggul seperti cinta bagi manusia karena mereka semua ciptaan Allah. ISIS menyadari bahwa ini adalah nilai-nilai yang berbahaya yang menantang keberadaannya dan dengan demikian melihat Turki dan Erdogan sebagai hambatan utama mereka untuk mencoreng nama baik Islam dengan keyakinan agama mereka yang bengkok.

Itulah sebabnya ketika ISIS telah meluncurkan serangan di Perancis dan Belgia, lalu mereka berulang kali meneror Turki, di Ankara dan Istanbul. ISIS juga telah meluncurkan rudal di kota perbatasan tenggara Kilis, menewaskan puluhan warga sipil. Jadi orang-orang yang menuduh Turki dan Erdogan mendukung ISIS sekarang harus melihat bahwa mereka sedang membuat kesalahan besar dan harus meminta maaf.

Seharusnya tidak mengejutkan siapa pun bahwa serangan di Istanbul oleh tiga pembom bunuh diri datang hanya setelah Turki mengumumkan perjanjian untuk memperbaiki hubungan dengan Israel dan mengambil langkah-langkah normalisasi dengan Rusia pasca jatuhnya sebuah jet tempur Rusia oleh Turki dekat perbatasan Suriah.

Bukan rahasia bahwa ISIS khawatir bahwa hubungan yang meningkat antara Turki dan Israel bisa berakibat fatal bagi organisasi teroris. ISIS baru-baru ini juga mulai mengancam Israel. Pada awalnya, ISIS mungkin tampak menguntungkan bagi Israel karena merupakan faktor destabilisasi bagi negara-negara Arab di Timur Tengah, namun ketidakstabilan di Irak dan Suriah tidak berarti ini akan memberikan keselamatan dan keamanan bagi Israel.

Intelijen Turki dan Mossad juga bisa bekerja sama melawan ISIS dan memberikan Ankara tangan atas dalam memerangi grup teroris ini.

Sekarang dengan meningkatkan hubungan antara Ankara dan Moskow, kami juga bisa melihat kerjasama antara Turki dan Rusia untuk menumpas ISIS di Suriah.

Jadi dengan semua perkembangan positif tersebut, ISIS tampaknya telah memutuskan untuk menyerang balik Turki dan memberi pesan bahwa mereka tidak akan tunduk begitu mudah.

Kita melihat bahwa sumber terorisme yang menyakiti Turki semua berbasis di negara-negara gagal, Irak dan Suriah. Ini berarti langkah efektif harus diambil untuk mengeringkan Mires di Suriah dan Irak. Jika rawa ini tidak ditangani, Turki tidak akan menjadi satu-satunya negara yang akan menderita di tangan teroris. Terorisme ISIS telah mencapai Perancis dan Belgia dan memiliki potensi mencapai semua ibukota Eropa dan bahkan AS.

Jadi sudah saatnya masyarakat internasional mulai melihat realitas di Suriah dan Irak dan mulai mengambil langkah untuk mengakhiri kekacauan di kedua negara. Ini berarti aksi bersama di kedua negara dan itu berarti kerjasama internasional. Namun sayangnya kita tidak melihat usaha yang tulus dari dunia internasional untuk mengamankan ini. Semua yang kita lihat dari dunia internasional hanyalah pesan setengah hati belasungkawa.*

Sumber: Daily Sabah




Subscribe to receive free email updates: