Sosok Arcandra Tahar alias Ican di Mata Teman ITB nya


[Tulisan Mas Karbit alias Ananta Wijaya di Facebook tentang sosok mantan Menteri ESDM Arcandra Tahar]

Arcandra atau kita biasa panggil dia Ican tiba tiba beken se antero Indonesia ...tentunya juga se ITB sebagai alamamaternya.

Semua membicarakan kesantunan, kecerdasannya, keberhasilannya, ketaqwaannya dan gw percaya sebagian besar juga bicarain potongan rambutnya..hi hi hi..

Arcandra di mata gw benar spt yg disebut di atas. Kita satu kelas saat masuk TPB (Tahun Pertama Bersama) di kelas T07 jurusan Mesin ITB ..kebetulan T07 isinya separuh anak Mesin dan separuh anak Elektro..beda dg kelas T08 yg full anak Mesin..laki2 semua lagi. Cian benerr.. kita lumayan di T07 ada bidadari elektro yg suka nyetrum. Dan persaingan nilai lebih ketat..maklum temen2 Elektro sangat serius belajar dan men dominasi kursi2 terdepan di kelas..

Ican itu bawannya kalem murah senyum.. seribu tiga harga saat itu.. wkwkwk. Dan Ican termasuk yg cemerlang.. nilai2 ujiannya termasuk papan atas.. dan suka dg senang hati ngajarin temen yg ga ngerti..jd kos2an dia rame sm temen2 yg belajar dan juga males buat PR ..termasuk gw...wkwkwk.

Walhasil IP nya salah satu tertinggi di kelas bahkan nyaris sempurna.

Lepas TPB sesuai tradisi kita ikut Ospek Mesin.. nah tradisi leadership Ican dah mulai kelihatan..dia termasuk segelintir mahasiswa yg suka diskusi ttg kemahasiwaan. Lepas itu gw n Ican sm2  jadi Seksi Acara bersama Heru Prabowo dan Khairul Ummah utk Ospek Mahasiswa angkatan 90. Ican sangat detil dan strategis pemikirannya sementara gw terlalu nyantai. ogah repot.he he.. kita sampai buat diagram harian utk target kondisi fisik dan mental anak2 yg akan kita OS..eduun detil banget kalau kerja sama dia.

Di tahun ke dua gw masuk Teknik Penerbangan..sementara Ican ke Teknik Mesin kita masih sering ketemu kalau pas mata kuliah bareng spt MekTek, Material Teknik, Perpan dan Thermo tp kita lebih sering ketemu kalau ada rapat2 Himpunan.. maklum Ican dan gw aktif di HMM. Lepas Sarmud dan ga ngurus Himpunan kita sibuk masing2.

Ketemu lagi pas wisuda Oktober 94.. kita dipanggil sebaris sebagai 10 lulusan terbaik.. he he he keren khan abang lo ini he he he...

Yg paling gw inget Ican itu suka banget n jago main gitar dan sering ngajak gw nyanyi bareng lagu Semoga nya KLA Project.. dia sadar kalau vokal gw bagus sayang aja konsonannya ancur...wkwkwk

Setelah lulus dia kerja di Andersen. terus pindah ke PT Timah dan dapat beasiswa ke Amrik.

Abis itu gw ga pernah denger khabar dia.

Nah terakhir gw ketemu Ican ya pas HBH 2015 yang kebetulan bertempat di rumah gw.. Ican karena pas liburan ke Indo jadi dia sempetin mampir. Masih sederhana seperti dulu bahkan Olin sang istri ga sungkan bantu2 istri gw nyuci piring di dapur.

Disitu baru gw tahu kalau Ican itu dah Doktor alias PHD beneran ga cuma Permanent Hair Damage kayak gw he he he.

Dia juga ahli kontruksi rig platform buat minyak....dan dia punya perusahaan konsultan di Amrik sono yg lumayan beken.

Dan dr obrolan ternyata Ican sgt menguasai policy dan strategi pengelolaan energi di Indonesia.

Setahun berselang ga ada angin ga ada ujan... cukup kaget waktu dengar dia diangkat jd menteri ESDM.

Perasaan seneng bangga serta merta muncul.. sampai beberapa temen sibuk cari foto bareng sm dia jaman dulu... tetapi di barengi rasa kekuatiran.. apakah Ican akan sanggup melawan existing power yg konon sdh menguasai dunia migas tanah air bertahun tahun.

Gw percaya secara intelektual dia sanggup.. secara moral juga dia Insha Allah mampu untuk tetap berjalan lurus. Tinggal kuat atau tidak menghadapi para penjegal yg merasa dirugikan dg pembenahan2 dan kebijakan2 yg dia ambil nantinya.

Terlepas sekarang dia dicopot jd Menteri gw yakin dg keikhkasan dan ketulusan dia ga jadi masalah.

Menurut gw bukan Ican yg rugi malah bangsa ini yg rugi tidak mampu memanfaatkan salah satu putra terbaik di bidang migas.

*Sumber: viral fb




Subscribe to receive free email updates: