Anies Baswedan : Kurikulum 2013 Tetap Digunakan


Wacana Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa Kurikulum 2013 yang baru berjalan tiga semester ini akan dihapus. Hal ini memunculkan keresahan, mulai dari orangtua murid hingga para guru. Dikatakan Retno Listiyanti, Kepala Sekolah dari SMA di Jakarta Timur sekaligus perwakilan dari Serikat Guru Indonesia mengatakan bahwa penghapusan Kurikulum 2013 akan berdampak tidak baik bagi guru bahkan murid.

"Kurikulum 2013 tidak bisa begitu saja dihapuskan, jangan seenaknya dong (pemerintah),"ujar Retno

Sementara itu, mengenai protes dari Retno ditanggapi Anies Baswedan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Mantan Rektor dari Universitas Paramadina ini mengatakan bahwa Kurikulum 2013 ini tidak dihapus tapi disempurnakan.

“Saya akui ini perlu sosialisasi dan adaptasi agar kedepanya lebih baik lagi. Perlu diingat Kurikulum 2013 bukan dihapuskan tapi harus disempurnakan agar mekanisme kedepanya dapat berjalan dengan baik dan sistematis,” ujar Anies.

Semoga pernyataan Anies ini menjawab kegelisahaan orangtua murid dan guru yang beberapa hari belakangan ini dibingungkan dengan pernyataan-pernyataan Anies Baswedan terkait kurikulum 2013.[ *]

Subscribe to receive free email updates: