Daftar Sandi atau Kode Morse Internasional

Daftar Sandi atau Kode Morse Internasional

Kalian yang pernah mengikuti kegiatan pramuka di sekolah pasti tau tentang kode / sandi morse. Morse Code atau Sandi Morse (-- --- .-. ... . / -.-. --- -.. .) adalah sistem representasi huruf, angka, tanda baca dan sinyal dengan menggunakan kode titik dan garis yang disusun mewakili karakter tertentu pada alfabet atau sinyal (pertanda) tertentu yang disepakati penggunaannya di seluruh dunia. Kode Morse diciptakan oleh Samuel F.B. Morse dan Alfred Vail pada tahun 1835.

Kode Morse sangat sering kita temui pada saat kita mengikuti kegiatan Pramuka. Dalam Pramuka kode Sandi Morse memang sering sekali di ajarkan pada anak-anak pramuka. Biasanya dalam pramuka, kode Morse disampaikan menggunakan peluit atau menggunakan senter.

Tahukah kamu? Bahwa dalam nada SMS "Default" pada ponsel Nokia klasik merupakan kode morse yang memiliki arti "SMS". Lalu pada nada sms "ASCENDING" di hp Nokia juga merupakan kode Morse yang memiliki arti dari slogan Nokia yaitu "Connecting People". Lalu pada nada sms "Standart" juga merupakan kode morse untuk huruf "M" yang merarti Message (Pesan).

Untuk yang penasaran dengan Kode Morse tersebut, berikut adalah daftar Kode Morse Internasional.

Daftar Sandi Morse Internasional

Huruf Kode
A .-
B -...
C -.-.
D -..
E .
F ..-.
G --.
H ....
I ..
J .---
K -.-
L .-..
M --
N -.
O ---
P .--.
Q --.-
R .-.
S ...
T -
U ..-
V ...-
W .--
X -..-
Y -.--
Z --..
Angka Kode
1 .----
2 ..---
3 ...--
4 ....-
5 .....
6 -....
7 --...
8 ---..
9 ----.
0 -----

Itulah daftar lengkap sandi Morse yang bisa saya bagikan semoga bermanfaat untuk kalian semua, terutama untuk adik-adik yang sedang aktif dalam anggota pramuka. Terimakasih.

Subscribe to receive free email updates: